Jumat, 02 Juni 2023

Membuat portofolio digital menggunakan "Google Sites"

 sejarah31.com- Pada era informasi serba cepat portifolio menjadi hal yang sangat penting terutama untuk pengembangan karir. Dalam dunia pendidikan sendiri terutama guru menyusun portofolio merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan, hal tersebut untuk menunjang karir maupun mengamati perkembangan peserta didik.

Portofolio sendiri biasanya merupakan kumpulan tugas-tugas pribadi yang kemudian tersusun rapih untuk dikemudian hari jika dibutuhkan dapat digunakan kembali. Namun portofolio berbentuk fisik hanya dapat dilihat oleh pribadi ataupun orang lain ketika dibutuhkan bahkan tidak jarang hal-hal penting tersebut tercecer, untuk mengatasi permasalahan ini maka membuat portofolio digital menjadi hal cukup penting. portofolio digital ini juga dapat dilihat oleh banyak orang dimanapun mereka berada, tujuannya agar orang-orang dapat melihat kemampuan kita dalam bidang yang sedang kita geluti.

Banyak sekali flatform yang dapat digunakan untuk tujuan pembuatan portofolio digital kita, dari banyaknya flatform yang ada Google Sites adalah salah satu yang cukup mudah untuk di operasikan, bahkan pemerintah pada program Merdeka Belajar menjadikan flatform ini sebagai tugas yang diberikan kepada Calon Guru Penggerak. Hal ini juga ditujukan untuk melihat progres perkembangan Calon Guru Penggerak dalam mempraktikan hasil dari pelatihannya.

Mari mulai ikuti langkah-langkahnya

  • https://sites.google.com/ 
  • jika belum memiliki akun maka silahkan log in (untuk akun belajar.id flatform ini tersedia di pilihan)  
  • Jika sudah maka kita akan disuguhkan beberapa pilihan tema untuk mempermudahnya maka lebih baik pilih tema portofolio

Pilihan Tema

  • setelah anda berada pada tema tersebut kemudian tentukan Tombol Pilihan Halaman pada bagian atas (tombol ini berfungsi agar pembaca dapat melihat bagian-bagian tertentu)


  • jika jumlah halaman kurang maka bisa menambahkanya dengan menekan tombol + pada bagian bawah dan pilih Halaman Baru


  • Sekarang Halaman sudah jadi tinggal mengisinya untuk mengisi halaman-halaman tersebut pastikan sedang ada pada tombol halaman tersebut contoh : sedang mengisi profil pastikan kita sedang bekerja di tombol profil biasanya Halaman yang sedang kita gunakan berwarna lebih gelap atau tebal.




  • Pada setiap halaman yang kamu buat kamu bisa mesisipkan beberapa piture piture ini dapat kamu gunakan untuk menambah link video atau tulisan pdf kita, Pada goole site ini pembuatan foto atau gambar bergeser sudah disedian pada tombol Carousel 
Selamat berkreasi membuat portofolio digital anda. 


Baca Juga

Previous Post
Next Post

sejarah31.com adalah web yang dibuat untuk berbagi informasi seputar dunia pendidikan dan sejarah.

0 comments: