Senin, 17 Agustus 2020

MUSEUM VIRTUAL Wisata Sejarah Disaat Pendemi

MGMPS31- Hallo Sahabat MGMP Sejarah,kali ini MGMP Sejarah ingin mengajak pembaca semua untuk menjelajahi Museum Virtual. Pandemi yang berlangsung ini memang membuat sedikit sulit bagi pengajar sejarah yang harus menerangkan tentang apa saja yang ada di museum. Sebenarnya Google Art & Culture, telah menyediakan banyak museum virtual namun untuk memudahkan pengajar MGMP Sejarah akan memilah beberapa museum yang dapat di gunakan dalam pembelajaran.

1. Museum Nasional


Museum Nasional juga di kenal dengan museum Gajah letaknya berada di Ibu Kota Jakarta Museum ini banyak menyuguhkan peninggalan sejarah berupa peninggalan arkeologi, serta artefak dari seluruh penjuru Indonesia.

Tur Virtual silahkan klik Museum Nasional

2. Museum Sangiran


Sangiran merupakan lokasi penemuan manusia pra aksara Pithecanthropus erectus, fossil ini pertama kali di temukan oleh Eugène Dubois ahli anatomi berkebangsaan belanda yang datang ke Nusantara untuk membuktikan teori Darwin dan melengkapi missing link. Lokasi penemuan tersebut kini menjadi museum, Museum ini sangat berguna untuk pembelajaran kelas X tentang manusia pra aksara.

Tur Virtual Museum Sangiran

3. Museum Sri Baduga


Sekarang Museum yang terletak di wilayah Jawa Barat tepatnya di Kota Bandung, museum ini memiliki banyak koleksi terkait perkembangan Jawa Barat dari Mulai Masa purba hingga modern.

Tur Vitual Museum Sri Baduga

4. Keraton Kasepuhan Cirebon

Sekarang kita bergeser dari Bandung Ke Wilayah Cirebon, Salah satu keraton yang hingga kini masih aktif sebagai salah satu peninggalan budaya Indonesia. Keraton ini menyuguhkan bangunan, serta peninggalan kerataon sejak keraton tersebut berdiri. Nuanssa keraton sarat dengan Sejarah Islam di wilayah Cirebon.

Tur Virtual Karaton Kasepuhan Cirebon

5. Museum Maritim


Nenek Moyang ku seorang pelaut,penggalan lagu ini tentunya bukan tanpa sebab dan alasan, bangsa kita terkenal dengan sejarah maritim yang sudah berlangsung sangat lama. Kebanggan tersebut dapat kita pupuk dengan mengenalkan sejarah kemaritiman bangsa Indonesia salah satu caranya adalah dengan mengunjungi museum.

Tur Museum Museum Maritim 

Semoga tur Museum Virtual dapat menambah khazanah mengenai sejarah bangsa Indonesia, serta memudahkan bagi pengajar Sejarah dalam menerangkan materi terkait.

SEMOGA BERMANFAAT

Baca Juga

Previous Post
Next Post

sejarah31.com adalah web yang dibuat untuk berbagi informasi seputar dunia pendidikan dan sejarah.

0 comments: