Minggu, 16 Agustus 2020

Situ Bagendit : Legenda Hingga Wisata

 sejarah31.com - Situ Bagendit merupakan danau yang terletak di wilayah Garut Jawa Barat tepatnya di Desa Banyuresmi, luas danau ini kurang lebih 125 hektare. Masyarakat sekitar memiliki legenda mengenai Situ tersebut, legenda biasanya menandai asal usul suatu tempat. Legenda ini bertutur tentang seorang perempuan yang kaya namun kikir, pendek cerita ia terkubur bersama hartanya di danau tersebut. Legenda ini sarat akan makna kehidupan yang mendalam tentang bagaimana seharusnya si kaya membantu si miskin yang berada di sekitarnya, di balik makna-makna yang tersirat dalam legenda tersebut situ bagendit saat ini bertranpormasi menjadi tempat wisata kebanggaan masyarakat garut tentunya.

                          Dok.Pribadi

                 Situ Bagendit 1920

Letak yang tidak jauh dari kota menjadikan Situ Bagendit sebagai obyek wisata yang selalu sibuk di akhir pekan. Jika sudah berada di wilayah danau kita akan di suguhi pemandangan berupa jajaran pegunungan, sehingga ada beberpa titik yang sangat baik untuk berswafoto. 

Memasuki tahun 2020 Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil merencanakan untuk  merevitalisasi kawasan situ bagendit. Hal itu di ungkapkan dalam postingan Instagram pribadinya bahkan beliau menunjukan grand design Situ Bagedit.

                  Sumber Gambar


       Bulan Agustus ini eskavator sudah mulai masuk ke Situ Bagendit itu berarti projek revitalisasi sudah di mulai. Semoga projek ini menjadikan wajah Situ bagendit lebih baik lagi. 

Baca Juga

Previous Post
Next Post

sejarah31.com adalah web yang dibuat untuk berbagi informasi seputar dunia pendidikan dan sejarah.

0 comments: