Jumat, 12 Juni 2020

SC (Study Club) Sejarah

sejarah31.com - Study Club Sejarah merupakan salah satu gagasan yang dilakukan oleh MGMP Sejarah MA Husnul Khotimah, dimana para guru sejarah mengumpulkan Santri-santri yang kemudian berminat dalam hal-hal sejarah. Kegiatan ini telah berlangsung kurang lebih dalam kurun waktu dua tahun terakhir. Lantas apa output yang di harapkan dari kegiatan ini, pada awal kegiatan SC Sejarah di fokuskan untuk kegiatan lomba sejarah, namun ada beberapa inisatif dari guru agar dibuatkan program lainnya, karena lomba - lomba berbau sejarah sangat jarang dalam satu tahunnya jika di biarkan maka akan terjadi  kevakuman.

Rapat MGMP Sejarah
MA Husnul Khotimah 
Barulah setelah itu disusun beberapa program, Seperti belajar menulis artikel, membuat video dokumentasi sejarah, atau pun hataman buku sejarah. Kegiatan ini di harapkan mampu menghasilkan minat santri terhadap bidang kesejarahan, dan biasanya anak-anak SC sejarah dapat diandalkan saat pembelajaran sejarah berlangsung (anggota SC biasanya dapat membimbing teman-teman yang tertinggal dalam proses belajar  pelajaran sejarah). Kegiatan SC biasanya berlangsung dua kali dalam kurun waktu satu minggu.

Banyak lomba yang telah di ikuti walaupun baru satu piala yang di hasilkan, beberapa pengajar sepakat bahwa proses akan sebanding dengan hasil dua tahun masih sangat muda untuk bertanya hasil. Semoga kedepannya peseta didik dapat menghasilkan lebih banyak lagi produk kesejarahan baik itu lokal maupun sekala Nasional. Semoga kedepannya SC Sejarah banyak di ikuti oleh sekolah lainnya selain sebagai ajang lomba juga sebagai ajang pembibitan generasi melek Sejarah.

Kontributor : Wawan Hermawan

Baca Juga

Previous Post
Next Post

sejarah31.com adalah web yang dibuat untuk berbagi informasi seputar dunia pendidikan dan sejarah.

0 comments: