Senin, 08 Juni 2020

PEMBELAJARAN SEJARAH SEBAGAI ILMU KISAH DAN PERISTIWA

MGMP.S - Materi kita kali ini mengenai bagaimana sejarah dapat dikategorikan sebagai Ilmu, Kisah, peristiwa pembelajaran kali ini Peserta didik di minta untuk mendiskusikan beberapa cuplikan buku. Kegiatan Awal di mulai dengan berdoa serta menyampaikan materi terkait hal tersebut, kemudian Peserta didik di bagi ke dalam empat kelompok selanjutnya setiap kelompkmakan mendapatkan artikel untuk di baca. setelah di diskusikan artikel artikel tersebut nantinya di kategorikan ke dalam tiga baian tadi.

Hasil yang di harapkan adalah peserta didik mampu membedakan sejarah sebagai kisah,ilmu dan peristiwa serta memahami betul keterkaitan satu dengan lainnya. untuk menumbuhkan kepercayaan diri peserta didik maka setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya. Agar kegiatan ini dapa sesuai rencana sebaiknya pengajar paham betul mengenai isi cuplikan buku atau artikel yang juga di baca oleh peserta didik agar tanggapan yang di berikan oleh kelompok lain dapat terarahkan sebagaimana tujuan pembelajaran tadi.

Nilai-nilai kritis dari para peserta didik perlu di tumbuhkan, pupuk-pupuk untuk menumbuhkan hal tersebut adalah dengan terbiasanya mereka diskusi dan menyikapi suatu peristiwa dengan bijak, serta mengajarkan mendahulukan yang dahulu bukan mendahulukan yang mampu. Ada beberapa cuplikan buku yang telah saya scan agar bisa di unduh oleh pembaca, ingat ini hanya untuk kepentingan belajar bukan komersil,jika materi di rasa kurang pengajar dapat menambahkannya. 

Baca Juga

Previous Post
Next Post

sejarah31.com adalah web yang dibuat untuk berbagi informasi seputar dunia pendidikan dan sejarah.

0 comments: