Senin, 10 April 2023

PERPUSTAKAAN DIGITAL SEKOLAH

 


Perpustakaan identik dengan gedung luas penuh dengan buku serta kondisi yang tenang, namun bersamaan dengan perkembangan zaman perpustakaan memiliki akses yang lebih luas tidak hanya terfokus pada bangunan tertentu. Perpustakaan hadir dalam bentuk digital agar dapat diakses oleh siapapun dan dimanapun kemudahan ini tentunya harus dapat dirasakan oleh banyak orang artikel kali ini akan membahas mengenai kumpulan situs perpustakaan digital yang dapat diakses oleh siapapun dimanapun dan kapanpun.

Menurut (Arif: 2003) perbedaan Automasi perpustakaan dan perpustakaan digital adalah terletak pada sistemnya, keduanya dijelaskan sebagai berikut. 
  1. Automasi Perpustakaan adalah penerapan teknologi informasi pada pekerjaan administratif di perpustakaan agar lebih efektif dan efisien. Bidang pekerjaan yang dapat diintegrasikan dengan sistem informasi perpustakaan adalah pengadaan, inventarisasi, katalogisasi, sirkulasi bahan pustaka, pengelolaan anggota, statistik dan lain sebagainya. 
  2. Perpustakaan digital adalah penerapan teknologi informasi sebagai sarana untuk menyimpan, mendapatkan dan menyebarluaskan informasi ilmu pengetahuan dalam format digital. Atau secara sederhana dapat dianalogikan sebagai tempat menyimpan koleksi perpustakaan yang sudah dalam bentuk digital.
Jika pembaca ingin bergabung dengan keanggotaan perpustakaan ini adalah situs Forum/Asosiasi Perpustakaan Sekolah. Klik pada bagian setiap nomor untuk pergi ke situs yg di inginkan, 

Berikut adalah kumpulan perpustakaan digital yang bisa pembaca kunjungi langsung atau ditautkan pada web sekolah agar masyarakat sekolah lebih mudah mengakses buku-buku bacaan silahkan klik pada bagian Judul poin agar tertuju pada tautan perpustakaan.

Sistem Integrasi Koleksi Perpustakan Kemendikbud (SIKOPER) adalah sebuah sistem yang mengintegrasikan berbagai pangkalan data dan sumber informasi dan pengetahuan yang dikelola Kemendikbudristek, meliputi: Katalog Perpustakaan Kemendikbudristek, Katalog Induk Perpustakaan di Lingkungan Kemendikbudristek, Pustaka Digital Kemendikbudristek (SLiMS), Repositori Institusi Kemendikbudristek (Eprints), Open Journal Systems (OJS) di lingkungan Kemendikbudristek, Perpustakaan Digital Mobile (Gramedia Digital), dan Rama Repositori Kemendikbudristek.

Repositori Institusi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Repositori Institusi Kemendikbudristek) adalah sebuah layanan informasi digital yang menyediakan akses terbuka (open access) dan daring (online) kepada publik terkait dengan berbagai informasi di bidang pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi yang dihasilkan oleh seluruh unit kerja di lingkungan Kemendikbudristek dalam berbagai format.

Jurnal ilmiah daring bidang pendidikan dan kebudayaan yang diterbitkan oleh Kemendikbud (Satker dan UPT)

Repositori nasional laporan hasil penelitian baik berupa skripsi, tugas akhir, proyek mahasiswa (diploma), tesis (S2), disertasi(S3) ataupun laporan penelitian dosen / peneliti yang bukan merupakan publikasi di jurnal, konferensi maupun buku yang diintegrasikan dari Repositori Perguruan Tinggi dan Lembaga Penelitian di Indonesia.

Buku-buku yang dikembangkan dan diterbitkan oleh unit-unit kerja di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi untuk kebutuhan siswa, guru, atau masyarakat Indonesia.

Laman Budi merupakan laman yang berisikan buku digital (Budi) yang dikembangkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa melalui Kelompok Kepakaran dan Layanan Profesional Literasi (KKLP Literasi). Kelompok kepakaran ini terdiri atas tenaga teknis kebahasaan yang melaksanakan tugas Badan Bahasa sebagai koordinator Gerakan Literasi Nasional (GLN) Kemdikbud, yaitu menyediakan bahan bacaan literasi untuk anak Indonesia.

Gerakan Literasi Nasional merupakan upaya untuk memperkuat sinergi antarunit utama pelaku gerakan literasi dengan menghimpun semua potensi dan memperluas keterlibatan publik dalam menumbuhkembangkan dan membudayakan literasi di Indonesia. Gerakan ini akan dilaksanakan secara menyeluruh dan serentak, mulai dari ranah keluarga sampai ke sekolah dan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.

Rumah Peradaban merupakan sarana edukasi dan pemasyarakatan hasil penelitian arkeologi untuk memberikan pemahaman tentang sejarah dan nilai budaya masa lampau dalam upaya melek budaya, pencerdasan bangsa, penumbuhan semangat kebangsaan, dan sumber inspirasi bagi pengembangan budaya yang berkepribadian.

Laboratorium Kebinekaan Bahasa dan Sastra merupakan galeri berbasis teknologi digital yang menampilkan informasi mengenai kekayaan bahasa dan sastra nusantara, antara lain kosakata dasar, sastra lisan dan tulis yang dikemas secara digital dan interaktif. Laboratorium ini menampilkan beberapa fitur, antara lain peta persebaran bahasa daerah di Indonesia, pohon kekerabatan bahasa hasil analisis kekerabatan antarbahasa daerah di Indonesia, serta ekspresi dan transkripsi berbagai bahasa daerah di Indonesia.

Laman Penerjemahan Daring (Penjaring) sebagai bentuk fasilitasi Badan Bahasa untuk mempermudah akses terhadap produk-produk penerjemahan Badan Bahasa. Laman Penjaring menyediakan fitur Baca Buku yang berisikan buku-buku hasil penerjemahan yang dapat diakses secara bebas oleh masyarakat.

Majalah Jendela Pendidikan dan Kebudayaan menyajikan informasi secara mendalam tentang kebijakan dan program Kemendikbudristek. Majalah ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi dan data resmi Kemendikbudristek yang dapat dikutip maupun diambil manfaatnya oleh berbagai pemangku kepentingan pendidikan dan kebudayaan lainnya.

Sistem Pustaka Digital Online Direktorat SMA yang menyajikan koleksi pustaka berupa Buku Informasi Program SMA, Buku Profil SMA, Buku Panduan/Petunjuk Pelaksanaan/Petunjuk Teknis, dan Majalah SMA. Layanan ini juga dapat diakses pada laman web resmi Direktorat SMA.

Laman yang menyediakan bahan bacaan buku anak-anak dengan pilihan sajian menarik seperti video, flipbook. Pada laman ini buku menggunakan pilihan bahasa namun umumnya menggunakan bahasa inggris.

Semoga rangkuman situs perpustakaan digital dapat digunakan dengan bijak, serta tidak melanggar hak cipta dari setiap buku yang terdapat disitus tersebut, dan satu lagi tidak untuk tindakan komersil untuk kepentingan pribadi.

Kontributor : Wawan Hermawan

Baca Juga

Previous Post
Next Post

sejarah31.com adalah web yang dibuat untuk berbagi informasi seputar dunia pendidikan dan sejarah.

0 comments: