Jumat, 14 April 2023

JALAN DEMOKRASI MOH HATTA

 sejarah31.com-Demokrasi merupakan sebuah sistem pemerintahan yang hingga kini masih dianggap paling baik, dalam sistem ini pemerintah memberikan ruang-ruang bagi individu dalam menentukan nasibnya. Demokrasi sendiri lahir sebagai perlawanan terhadap konsep kekuasaan absolut. 

Konsep demokrasi ini besar dan berkembang di tanah Eropa, hingga kemudian menyebar ke banyak negara yang juga sama sedang mengalami feodalisme akibat dari kepemimpinan yang absolut. 

Sebagai seorang terpelajar dan pernah mengenyam pendidikan di Eropa tentunya Bung Hatta paham betul dengan gejolak demokrasi disana. Walaupun secara akademik ia fokus pada ekonomi namun masa itu umumnya rakyat Indonesia yang bersekolah baik dalam maupun di luar negeri membicarakan konsep negara, dan tentunya demokrasi masuk dalam banyak tulisan ataupun pidato politik terutama bagi negara-negara yang masih terjajah, padangan politik serta ideologi yang tepat jika kelak merdeka tentunya harus melalui ujicoba agar saat negara tersebut sepakat merdeka sudah memiliki kerangka yang tepat untuk tumbuh kuat.

Namun sekalipun Moh.Hatta bersekolah di Eropa ia punya pandangan tersendiri untuk demokrasi Eropa menurutnya demokrasi eropa memiliki borok yang cukup menganga terutama dalam konsep individualisme  demokrasi barat. Moh Hatta tidak hanya menuangkan pemikiran mengenai demokrasinya dalam bidang politik ia juga mengamalkan hasil pendidikannya sebagai ahli ekonomi sehingga demokrasi ekonomi sendiri harus sejalan dengan demoksari politik untuk kepentingan rakyat kedepannya.

Konsep Demokrasi Hatta

Ketika membicarakan demokrasi Moh.Hatta, ia senantiasa melihat pertimbangan kultur atau kebiasaan masyarkat Indonesia yang beragam namun memiliki kesamaan seperti halnya musyawarah, tolong menolong, Kolektivisme hal-hal inilah yang kemudian masuk dalam pertimbangan penting Demokrasi Indonesia.

Menurut Hatta, Kolektivisme berarti memiliki bersama dan usaha bersama, kebersamaan harus berarti kepemilikan bersama atas suatu alat produksi tidak bisa dijalankan dengan pembagian namun harus diusahakan secara bersama-sama.  Ungkapan ini juga yang kemudian melekat dalam konsep demokrasi ekonomi koperasi sebagai wujud dari sikap kolektivisme masyarakat Indonesia.

Dalam pandangan Moh.Hatta ciri kolektivitas, kebersamaanm dan kekeluargaan menjadi sebuah manifestasi untuk keluar dasi sebuah permasalahan yang pelik yang sedang dihadapi oleh masyarakat Indonesia.  Inilah tentang gambaran bagaimana demokrasi Indonesia dalam Pemikiran Moh.Hatta yang kemudian dituangkan sebagai demokrasi Nasional. 

Tidak sampai disitu saja bagi Hatta demokrasi sendiri harus di tunjang oleh masyarakat yang cerdas mengenai kesadaran bernegara, sehingga kemerdekaan harus benar-benar dipersiapkan melalui Organisasi Pendidikan Nasional Indonesia Hatta ingin rakyat memiliki kesadaran penuh tentang han dan kewajibannya agar tidak diombang-ambing oleh ambisi kaum feodal atau intelektual.

Lepas dari pada itu Hatta juga memiliki pandangan tentang konsep negara federal beberapa kali ia mengungkapkan hal tersebut seperti ketika berpidato di Brussel, Belgia tahu  1927 konsep negara federal juga ia ungkapkan dalam sidang BPUPKI 15 Juli 1945. Dalam sidang tersebut terjadi pertarungan pemikiran sengit antara Moh.Hatta dengan Mr. Soepomo yang dibantu Oleh Bungkarno. Hatta berpandangan untuk membangun negara yang demokratis harus disertai dengan jaminan Konstitusional tentang syarat-syarat adanya negara demokrastis tersebut, Yaitu hak seseorang untuk menikmati kebebasan dasarnya, hatta juga menghawatirkan jika tida ada jaminan tersebut dikhawatirkan bukan negara atas kedaulatan rakyat melainkan negara kekuasaan. Sebagai negarawan Moh. Hatta telah menyelami sosio kultural bangsa Indonesia agar dikemudian hari demokrasi Indonesia tidak mengarah pada bentuk negara kekuasaan yang sama saja dengan konsep-konsep sebelumnya.


Kontributor : Wawan Hermawan


Bibliography

Suleman, Z. (2010). Demokrasi Untuk Indonesia Pemikiran Politik Bung Hatta. Jakarta: Kompas.




Baca Juga

Previous Post
Next Post

sejarah31.com adalah web yang dibuat untuk berbagi informasi seputar dunia pendidikan dan sejarah.

0 comments: